Breaking News
recent

Apa itu ARDUINO

Arduino UNO R3
Arduino UNO R3
Apa itu Arduino?
Arduino adalah sebuah perangkat elektronik atau susunan rangkaian elektronik yang bersifat open source yang di dalamnya terdiri dari komponen utama yaitu  chip mikrokontroler .

Mikrokontroler sendiri merupakan chip atau IC (integrated circuit) yang dapat diprogram dengan menggunakan komputer dengan tujuan memasukan program pada mikrokontroler agar rangkaian elektronik yang digunakan dapat membaca input tersebuh lalu memproses input tersebut kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan oleh pengguna. dengan demikian mikrokontroler memiliki tugas utama yaitu ‘otak’ yang mengendalikan input, proses dan output  dari sebuah rangkaian elektronik.

Mikrokontroler banyak terdapat pada perangkat elektronik yang sering kita gunakan. Misalnya handphone, televisi, AC, dll. Mikrokontroler juga digunakan untuk mengendalikan robot.

Karena komponen utama Arduino adalah mikrokontroler, maka Arduino dapat diprogram menggunakan komputer sesuai kebutuhan kita.

Kelebihan Arduino
  • Tidak memerlukan perangkat chip programmer karena di dalamnya sudah terdapat bootloader yang akan memproses upload program dari komputer.
  • Sudah menggunakan USB, sehingga pengguna Laptop tidak perlu ragu apa bila tidak terdapat port serial/RS323 karena masih dapat menggunakan 
  • Bahasa pemrograman sangat mudah karena  Arduino dilengkapi dengan kumpulan library yang variatif. Tersedia modul siap pakai (shield) yang dapat digabung langsung board Arduino. Misalnya shield GSM, Wifi, SD Card, dll.
Jika sobat BAKIT ingin mencoba menggunakan Arduino, bisa langsung di download pada http://arduino.cc/en/Main/Software

Mau lihat beberapa contoh program sebagai referensi, bisa dilihat pada http://arduino.cc/en/Reference/HomePage
Unknown

Unknown

Saya seorang blogger yang suka dengan hal-hal baru dan menantang

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan, kritik, saran atau informasi link rusak pada kolom komentar

Powered by Blogger.